Tips Menjadi Toko Grosir yang baik

Tips Menjadi Toko Grosir yang baik

Tips Menjadi Toko Grosir yang baik

Untuk menjadi toko grosir yang baik perlu beberapa tahapan agar menjadi yang terbaik bagi pelanggan.

Ada beberapa tips dari kami untuk menjadi toko grosir yang baik dan mumpuni

1. Tentukan target pasar atau mengenal dengan baik toko retail

Dengan menentukan target seperti toko-toko retail atau pengecer anda bisa menyalurkan produk jualan yang sejalan dengan mereka.

2. Pahami Kebutuhan Pengecer atau toko retail

Sebagai toko grosir anda harus memahami kebutuhan yang diminta oleh toko retail atau pengecer.

>> Usahakan toko anda menyediakan apa yang diminta oleh mereka.

>> jika tidak ada janjikan untuk pre-order dan anda segera mendatangkan produk tersebut, atau anda memberikan jenis produk yang sama meski pun beda merk.

>> Karena jika mereka ingin order barang yang dibutuhkan kepada anda tapi di toko anda selalu tidak ada, otomatis mereka akan berpindah ke tetangga sebelah yang lebih lengkap.

3. Pastikan Pelanggan Menginginkan Produk Anda

Dalam hal ini ada 2 kategori agar pelanggan anda selalu menginginkan produk anda

>> Kualitas, Jika produk anda bagus dan ekonomis dari produk lainnya maka pelanggan tidak akan lari dari toko anda dan selalu mempertahankan toko anda, karena ditoko anda lah mereka bisa mendapatkan keuntungan.

>> Quantitas, Produk selalu ada, ya karena jika toko retail atau pengencer biasanya putarannya cepat, jadi pastikan produk anda tidak kehabisan stok, selalu inventory stok toko agar pelanggan anda tidak kecewa dengan apa yang ingin mereka dapatkan. karena jika mereka sering kecewa maka mereka akan berpinda ke tetangga sebelah, karena menurut mereka rumput sebelah lebih lebat dan hijau. hehehe…

4. Buat Dobrakan yang Tepat Sasaran

Ya, sesekali anda bisa membuat dobrakan produk seperti Promo, Broadcast, Sistem Point. Dobrakan ini tentu harus tepat sasaran. Karena jika tidak tepat sasaran tentu anda akan rugi dalam beberapa hal seperti biaya iklan dan promo. Nah, bagaimana caranya dobrakan anda tepat sasaran :

>> Pantau Musiman suatu daerah, misalnya daerah ini tiap tahun ada mengadakan suatu acara, nah sebelum acara dimulai sebarkan iklan produk anda di daerah tersebut. Dan 97% target pasar anda akan berjalan dengan lancar.

>> Anda bisa broadcast produk anda kemedia sosial seperti, Whatsapp, Facebook, Instagram, twitter, dll.

>> Selalu Follow up dengan email atau Whatsapp pelanggan anda, jangan biarkan mereka lari begitu saja dari toko anda, tanyakan apa kekurangan toko anda dan apa yang harus dipenuhi untuk kepuasan mereka, agar Toko anda bisa bangun dengan tegar dan kokoh dari setiap masukan mereka.

>>Memberikan sistem point kepada pelanggan agar pelanggan anda bersemangat untuk mengejar point dan berusaha belanja sebanyak mungkin untuk mendapatkan point yang tinggi.

>>Mengadakan flashsell, jika beberapa produk anda sudah mau jatuh tempo / tinggal beberapa pcs / sudah beberapa dekade maka disarankan untuk flashsell aja seperti beli 2 gratis 1, atau discount 50%, atau yang lainnya untuk mendapatkan simpati dari pelanggan anda.

Tips Menjadi Toko Grosir yang baik

5. Buat Kemudahan Pelanggan Mendatangi Anda Melalui Digital Marketing

Dizaman serba canggih ini anda jangan kalah dengan saingan toko grosir yang lainnya.

karena dijaman now ini pelanggan tidak mau ribet dan serba praktis.

dengan model gadget atau Online mereka bisa pesan produk yang mereka inginkan, tanpa susah payah untuk pergi jauh-jauh belanja. Maka dalam hal ini anda harus aktif berperan dalam bisnis Digital Marketing atau Market Place. Apa saja yang dibutuh kan untuk berjualan online atau membuat marketplace..?

>>Anda harus membuat Website khusus Toko anda.

Untuk membuat website ada beberapa kriteria

  • domain yang cocok,
  • hosting yang bagus,
  • SEO yang handal, dan
  • konten yang tepat untuk membangun Toko online anda agar tampil karismatik.

Website sangat berpengaruh bagi toko anda, karena setiap orang mencari barang diintrnet maka toko anda akan otomatis tampil dihalaman pencarian.

>> Menyewa seorang seo yang handal, Jika anda tidak mengerti dalam masalah website atau anda tidak terlalu sibuk untuk mengurus semuanya anda bisa mencari karyawan tetap toko anda yang sesuai dibidang ini atau bisa menyewa SEO dengan freelanche (pekerja lepas/tanpa ada ikatan kontrak kerja) biasanya diinternet banyak yang menawarkannya dan anda bayar jika pekerjaan mereka sudah selesai dan sesuai keinginan anda)

>> Berjualan di marketplace gratis, nah anda bisa berjualan di marketplace-marketplace gratis yang ada di Indonesia, anda tinggal daftar kesana dan upload produk yang anda jual

>> Promosikan Produk anda melalui Digital marketing, maka produk anda tidak hanya dicari oleh daerah setempat tapi juga seluruh Indonesia bahkan dilihat di Penjuru Dunia, mantap bukan.

>> Nah, anda harus pandai-pandai dalam mengolah toko anda jangan sampai pelanggan anda lari dari anda akibat mereka tidak bisa pesan secara online ditoko anda.

>> Memilih Ekspedisi yang terpercaya agar toko online selalu didatangi pelanggan, karena kepuasan mereka dengan produk dan layanan anda.

Tips Menjadi Toko Grosir yang baik

6. Tingkatkan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Kepada Toko Grosir Anda

Untuk meningkat etos kerja anda harus meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan kepada anda.

karena dengan kepercayaan ini lah pelanggan anda puas bisa betah dan nyaman untuk belanja ditoko anda.

Walau pun produk anda sedikit mahal dari toko yang lain mereka akan selalu setia dengan toko anda. Apa point yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan..?

>> Pelayanan yang ramah tamah dan menarik,

>> Jangan mrusak pasaran harga suatu produk, karena jika harga rusak otomatis pengecer tidak mau belanja ditoko anda karena mereka tiadak akan dapat keuntungan, meski mereka beli otomatis jualannya akan lama terjual.

>> Harga Tidak Plin plan, anda tidak boleh semena-mena menukar harga produk setiap saat, karena akan merusak kepercayaan si pengecer, karena mereka mungkin sudah sepakati harga dengan pelanggan mereka, jadinya mereka kecewa dengan hal ini.

>> Memberikan fee kepada mereka sekali-kali, tapi jangan tiap kali belanja anda bisa rugi, hehehe…

7. Jangan Pernah Jual rugi

Ini merupakan tmbahan untuk anda, jikalau anda mendapatkan saingan bisnis dibidang inin maka jangan pernah jual rugi atau cuci gudang.

Cuci gudang boleh jika anda sudah mendapatkan keuntungan dari produk tersebut.

Contohnya:

Anda menjual sepatu, anda membeli 50 sepatu dan terjual 40 sepatu nah dari 40 sepatu ini anda sudah pulang modal dan dapat untung.

Maka sepatu yang sisa ini boleh anda buat untuk cuci gudang, dan ini namanya bukan jual rugi tapi jual untung.

Nah itulah beberapa tips dari kami untuk menjadi toko grosir yang baik.

Tips ini kami buat berdasarkan pantauan dan yang kami rasakan sebagai Grosiran dan supply.

 

Tips Menjadi Toko Grosir yang baik

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat